Monthly Update - June 2021

Market Summary

  • Pasar Saham Indonesia bergerak turun pada bulan Mei 2021. IHSG bergerak dari level 5.995 dan ditutup di level 5.947 pada akhir bulan. Meski lebih optimis melihat pergerakan pasar kedepannya, beberapa hal masih menjadi kunci pergerakan pasar. Diantaranya adalah perkembangan pandemi COVID-19 dan situasi ekonomi global maupun nasional, serta pergerakan moneter dan aset keuangan secara umum.
  • Sampai dengan saat ini program vaksinasi di Amerika Serikat, Eropa dan Inggris dianggap sukses. Secara global telah tercatat 2,1 miliar orang yang telah divaksinasi atau 28 dari setiap 100 orang sudah divaksinasi. Vaksinasi di Indonesia masih sedikit ketinggalan dengan hanya 11 dari setiap 100 orang tervaksinasi meski sudah menginjeksi 28,7 juta populasi secara umum.
  • Pasar sepertinya cukup optimis dengan program vaksinasi secara global sehingga muncul kekhawatiran inflasi karena shortage pada sisi supply-nya. Sementara inflasi ini dianggap transitionary  karena akhirnya akan kembali ke level rendah begitu masalah supply teratasi dan juga stimulasi ekonomi juga dikurangi atau bahkan dihentikan. Sementara konsensus pasar adalah suku bunga masih bertahan rendah sampai dengan tahun 2023 meski tapering mulai dilaksanakan di 2022.
  • Pasar obligasi bergerak stabil dan terjadi sedikit penurunan di imbal hasil US Treasury tenor 10 tahun. Pasar SUN juga bergerak lebih stabil, bergerak sempit di level 6,4 – 6,5 hamper di sepanjang bulan Mei. Secara domestik inflasi masih cukup rendah sehingga Bank Indonesia bisa menjaga suku bunga rendah dalam satu tahun kedepan. Dari sisi kurs, pergerakan nilai tukar Rupiah relatif stabil di bulan April 2021 di kisaran Rp 14.280 - 14.450/USD, dengan sedikit kecenderungan untuk menguat.
  • Pasar kedepannya kemungkinan masih berfluktuasi melihat pergerakan UST10yrs dan nilai tukar Dollar terhadap nilai tukar utama dunia. Ekspektasi terhadap inflasi dan potensi terjadinya tapering terhadap quantitative easing oleh Federal Reserve diyakiniakan menjadi penentu arah pasar.

Download PDF


Back to list