Mengelola Investasi Reksa Dana Endowment Fund

Sudah pernahkah Anda dengar ide melakukan investasi sekalian sedekah? Walau terlihat memusingkan, tetapi ada loh proses investasi yang memungkinkannya investor melakukan investasi sekalian bersedekah. Satu diantaranya ialah investasi di reksa dana endowment fund ini. Ingin tahu? Yok baca selengkapnya:

Pemahaman Reksa Dana Endowment Fund

Reksa dana endowment fund ialah instrument investasi yang beberapa keuntungan dan ongkos operasinya disisihkan untuk pendanaan aktivitas dalam organisasi nirlaba.

Secara bahasa, endowment sebagai kata Bahasa Inggris yang memiliki arti sumbangan. Adapun dalam Bahasa Indonesia, Endowment Fund memiliki arti dana abadi.

Organisasi nirlaba di sini dapat berbagai macam sesuai kerja sama di antara faksi manager instansi berkaitan dan investasi. Instrument ini ada yang dibikin untuk kepentingan konservasi lingkungan, ada pula yang beberapa keuntungannya diberi untuk kampus dan beragam instansi kemanusiaan lainnya.

Ide instrument ini sebetulnya nyaris serupa dengan ide cleansing pada reksa dana syariah. Tetapi menurut Rudiyanto (direktur Panin Asset Manajemen), bedanya berada pada tipe uang yang diteruskan. Pada instrument ini, uang yang diteruskan untuk NGO ialah sisi dari penghasilan atau ongkos operasional, dan pada reksa dana syariah, yang diteruskan ialah penghasilan dari sumber yang tidak halal, hingga pada endowment fund bantuan itu ada selalu, tetapi di reksa dana syariah tidak.

Langkah Kerja Endowment Fund

Ada dua proses pembelian reksa dana endowment fund. Proses yang pertama ialah Anda mengontak organisasi nirlaba atau manager investasi berkaitan untuk mendaftarkan sebagai donatur reksa dana itu. Uang investasi lalu Anda akan diatur oleh manager investasi itu. Besaran bantuan dan keuntungan yang dapat Anda dapatkan nanti disamakan dengan kontrak yang sudah Anda pertanda bereskan sebelumnya.

Proses yang ke-2 ialah beli instrument ini di program marketplace reksa dana. Sama dengan proses awalnya, uang yang Anda investasikan pada reksa dana ini akan diatur oleh manager investasi terkait. Tetapi, tidak ada keterangan komplet berkenaan jatah keuntungan dan bantuan investasi lewat proses ini.

Tipe-Jenis Endowment Fund

1. Termin endowment

Termin endowment ialah tipe endowment fund yang dasar investasinya tidak dapat dipakai oleh organisasi nirlaba berkaitan sampai waktu periode tertentu atau saat terjadi beberapa hal tertentu. Ketetapan berkenaan masa dan peristiwa ini sudah ditetapkan dalam kontrak yang diberi tanda tangan investor/donatur.

2.Restricted endowment

Sama dengan namanya, tipe endowment fund ini cuma bisa dipakai oleh organisasi nirlaba berkaitan untuk kepentingan-keperluan tertentu sama seperti yang diharapkan oleh investor/donatur. Misalkan, investor cuma membolehkan hasil investasinya cuma dipakai untuk beasiswa kuliah, karena itu NGO berkaitan cuma bisa memakaiannya untuk beasiswa saja dan tidak untuk kepentingan lainnya.

3.Unrestricted endowment

Kontradiksi dari tipe yang ke-2 , unrestricted endowment membolehkan organisasi nirlaba berkaitan untuk menggunakan uang investor untuk kepentingan apa saja. Tipe ini lebih banyak diketemukan dibanding dengan tipe yang ke-2 .

4. Quasi endowment

Biasanya, sebuah instansi nirlaba dan manager investasi membuat endowment fund tanpa batasan waktu tertentu (selamanya). Tetapi, untuk tipe yang ini, endowment fund tercipta untuk mengongkosi project tertentu yang awalnya sudah ditetapkan oleh organisasi nirlaba terkait. Oleh karenanya, ada peraturan penarikan dana investasi pada endowment fund tipe ini.

Manfaat Reksa Dana Endowment Fund

1. Melakukan investasi sekalian beramal

Keuntungan khusus dari investasi pada instrument ini ialah Anda dapat melakukan investasi sekalian beramal. Karena, beberapa keuntungan investasi Anda bisa dipakai untuk beragam aktivitas sosial.

Endowment fund sebagai salah satunya sumber penghasilan organisasi nirlaba. Masalahnya karena tidak memburu keuntungan, sering organisasi semacam ini kesusahan untuk mengongkosi aktivitas operasi mereka. Karena ada reksa dana tipe ini, mereka dapat memperoleh kontribusi uang untuk bekerja dan masih tetap berperan untuk warga.

2. Memperoleh penghasilan sampingan

Sama seperti instrument investasi secara umum, melakukan investasi pada instrument ini buka kesempatan penghasilan sampingan untuk Anda. Penghasilan sampingan ini dapat datang dari capital gain (hasil pemasaran di pasar sekunder) atau beberapa keuntungan yang didapat dari dividen dan coupon (bergantung dengan elemen investasi).

Contoh Reksa Dana Endowment Fund di Indonesia

Bisa disebut bahwasanya ide endowment fund ini kurang terkenal di Indonesia dan sedikit salah satunya yang dapat dibeli ke program supermarket reksa dana. Akan tetapi, berikut contoh-contoh instrument investasi tipe ini di Indonesia:

  1. Majoris Syariah Dana Lestari Universitas Syiah Kuala Indonesia. Reksa Dana ini memberikan tingkat pertumbuhan yang optimal dalam jangka menengah dan panjang, dengan investasi sesuai dengan Kebijakan Investasi dan dibentuk sebagai sarana bagi alumni Universitas Syiah Kuala dan masyarakat umum untuk berinvestasi sekaligus berkontribusi dalam program yang dibiayai Universitas Syiah Kuala.
  2. First State Indoequity PEKA Fund yang diterbitkan oleh PT First State Investments Indonesia. Investasi pada instrumen ini akan dialokasikan untuk saham dan sebagian keuntungannya untuk berbagai program kemanusiaan dan konservasi lingkungan.
  3. Panin Dana Teladan yang diterbitkan oleh PT Panin Asset Management. Sama dengan nomor 1, Panin Dana Teladan adalah reksa dana saham, namun keuntungannya akan dialokasikan untuk pendidikan di perguruan tinggi. 
  4. Makara Prima. Instrumen ini diterbitkan oleh Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bekerja sama dengan PT Bahana TCW Investment Management. Mayoritas alokasi investasi instrumen ini akan digunakan untuk obligasi, sementara keuntungannya dipakai untuk pemberian beasiswa, dan berbagai program pengembangan kampus di Universitas Indonesia. 
  5. Ganesha Abadi. Instrumen ini juga dikelola oleh PT Bahana TCW Investment Management dengan bekerja sama dengan Ikatan Alumni ITB. Keuntungan dari instrumen ini juga akan dialokasikan untuk pengembangan dan beasiswa di kampus terkait.
  6. Kehati Lestari. Selain menerbitkan indeks Sri-Kehati, Yayasan Kehati juga menerbitkan reksa dana Kehati Lestari dengan bekerja sama dengan PT Bahana TCW Investment Management untuk mendukung program-program pelestarian lingkungan yang mereka lakukan. 
  7. Bahana MES Syariah Fund. Bahana MES Syariah Fund adalah hasil kerja sama antara PT Bahana TCW Investment Management dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Keuntungan investasi pada instrumen ini akan digunakan untuk pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. 
  8. Reksa Dana Syariah Bahana PTS Generasi Gemilang. Selain dengan UI dan ITB, PT Bahana TCW Investment Management juga bekerja sama dengan Yayasan alumni IPB (Institut Pertanian Bogor) untuk menerbitkan reksa dana endowment fund. Sebagian besar uang yang terkumpul pada instrumen ini akan dialokasikan ke sukuk dan investasi syariah lainnya. 

Nach, itu lah ulasan berkenaan reksa dana endowment fund. Selainnya memakai instrument ini, Anda bisa juga menyisihkan beberapa penghasilan investasi Anda berbentuk zakat saham. Dengan begitu, ide investasi sekalian sedekah bukan dogma lagi.

Happy Investing with Majoris!

DISCLAIMER INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RESIKO. CALON PEMODAL WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN KINERJA MASA DEPAN. PT Majoris Asset Management (“Majoris”) telah memperoleh izin usaha sebagai Manajer Investasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dalam melakukan kegiatannya diawasi oleh OJK. Dokumen ini dibuat oleh Majoris hanya sebagai informasi singkat dan disesuaikan dengan ketentuan Peraturan yang berlaku. Segala perhatian telah diberikan secara seksama untuk menyakinkan bahwa informasi yang disajikan dalam dokumen ini tidak menyesatkan. Namun demikian, Calon Pemodal tidak disarankan untuk hanya mengandalkan keterangan dalam dokumen ini. Kerugian yang mungkin timbul karenanya tidak akan ditanggung.



Back to list