Investor Information

Weekly Market Update

Weekly Perspective - W4 November 2019
Meski sulit untuk mencapai kata sepakat, pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan China masih terus berlanjut. Neosisasi sepertinya berlangsung alot karena berulang kali Presiden Amerika Serikat mengatakan ingin mencapai kesepakatan tapi kesepakatan masih belum bisa terjadi. Perkembangan ini bukanlah hal yang baik untuk pasar namun magnitude-nya mulai berkurang terhadap pasar. Pasar lebih memikirkan dampak perlambatan ekonomi dunia dan kekhawatiran akan terjadi resesi. Chairman Federal Reserve Jerome Powell juga masih melihat pentingnya mencapai target inflasi di level 2 persen, namun tidak menjelaskan lebh lanjut apakah akan terus menurunkan suku bunga.

Read more
Weekly Perspective - W4 October 2019
Uni Eropa memberi sinyal akan menunda Brexit selama tiga bulan hingga 31 Januari 2020. Rencana tersebut akan dibahas dalam pertemuan yang digelar Senin 28 Oktober 2019. Meski Demikian tidak menutup kemungkinan perpanjangan waktu hanya sampai 30 November atau 31 Desember 2019 jika Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bisa mendapatkan kesepakatan dengan parlemen. Parlemen Inggris akan melakukan pemungutan suara pada Senin sore untuk mendapatkan persetujuan atas rencana Johnson untuk menggelar pemilihan umum 12 Desember 2019. Johnson menegaskan akan menggelar pemilihan umum lebih cepat dengan harapan dapat memecah kebuntuan proses Brexit.

Read more
Weekly Perspective - W3 October 2019
Anggota parlemen Inggris memberikan pukulan telak kepada Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada kesepakatan Brexit (Inggris keluar dari Uni Eropa) di menit-menit terakhir pemungutan suara di parlemen pada hari Sabtu 19 Oktober 2019 dengan menyetujui amandemen yang menunda Brexit sampai undang-undang terkait penarikan diri dari Uni Eropa disahkan. Anggota parlemen memutuskan dengan 322 suara mendukung langkah yang diajukan oleh mantan menteri kabinet Oliver Letwin. Amandemen ini menunda keputusan apakah akan mendukung kesepakatan Brexit dan secara efektif memaksa Johnson untuk meminta perpanjangan waktu ketiga kalinya kepada Uni Eropa. Keputusan tersebut merupakan kemunduran besar bagi Johnson yang mengatakan kepada anggota parlemen setelah pemungutan suara bahwa Pemerintah akan memperkenalkan undang-undang Brexit yang diperlukan minggu depan.

Read more
Weekly Perspective - W1 October 2019
Perdana Menteri Inggris (PM) Boris Johnson mengusulkan rancangan terakhir proposal Brexit (Inggris keluar dari Uni Eropa) dan menyatakan jika Uni Eropa (UE) tidak menyetujuinya maka Inggris akan tetap keluar dari UE tanpa kesepakatan. Beberapa isi proposal terbaru Brexit yang diajukan Johnson antara lain mengatur masa peralihan kebijakan perbatasan selama empat tahun setelah keluar dari UE serta mengatur tentang kesepakatan bea cukai dengan Irlandia. Masalah perbatasan dengan Irlandia selama ini menjadi problem yang sulit dipecahkan dalam perundingan Brexit dengan UE. Perjanjian ini mengatur agar perbatasan Irlandia Utara yang dikuasai Inggris dan Republik Irlandia tetap terbuka setelah Brexit agar menekan potensi gejolak politik di Irlandia Utara. Sebelum usul tersebut disampaikan kepada UE, Johnson harus mendapatkan persetujuan dari parlemen hingga 11 Oktober mendatang. Jika disepakati, maka draf itu bisa disampaikan pada pertemuan UE di Belgia pada 17 - 18 Oktober 2019 mendatang. UE menetapkan tenggat bagi Inggris hingga 31 Oktober 2019 untuk memutuskan soal Brexit

Read more