Investor Information

Weekly Market Update

Weekly Perspective - W3 February 2019
Pada hari Jumat 15 Februari 2019 Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menandatangani rencana anggaran pengeluaran untuk keamanan dan perbatasan yang di dalamnya termasuk dekrit yang menyatakan keadaan darurat sehingga Trump tetap bisa mencairkan anggaran untuk membangun tembok perbatasan AS dan Meksiko sebesar USD 5.70 milyar tanpa persetujuan dari kongres. Pihak Partai Demokrat sebagai mayoritas di kongres memperingatkan Trump bahwa deklarasi darurat Trump selain akan mendapatkan penolakan dari kongres, juga akan mendapatkan penolakan di pengadilan. Deklarasi darurat ini berpotensi meningkatkan kembali rivalitas Presiden dan kongres serta akan merusak hubungan diplomatik antara AS dan Meksiko.

Read more
Weekly Perspective - W2 February 2019
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan bahwa tidak akan mengadakan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping hingga batas waktu negosiasi perang dagang yang berlangsung tanggal 2 Maret 2019. Pertemuan kedua pemimpin tersebut akan membahas kelanjutan perundingan tarif kedua negara yang mencakup barang-barang pertanian, manufaktur dan hak cipta atas kekayaan intelektual. Parlemen China saat ini telah membahas undang – undang Investasi asing sesuai permintaan dari Amerika yang di dalamnya berisi larangan transfer teknologi secara paksa dan meminimalisasi campur tangan negara dalam bisnis. Undang – undang tersebut akan disahkan sebelum tanggal 3 Maret 2019

Read more
Weekly Perspective - W1 February 2019
Federal Open Market Committee Meeting (FOMC Meeting) yang berlangsung tanggal 30 Januari 2019 menghasilkan keputusan bahwa The Fed akan tetap mempertahankan fed fund rate di level 2.50% . Hal penting lainnya yaitu pernyataan yang sangat jelas dari Jerome Powell selaku Chairman The Fed bahwa di tahun 2019 The Fed monetary policy akan lebih moderat (dovish) dalam menaikkan tingkat suku bunga dibandingkan di tahun 2018 yang begitu agresif (hawkish). Powell menjelaskan bahwa pertumbuhan inflasi akan menjadi indikator penting bagi kebijakan The Fed kedepannya.

Read more
Weekly Perspective - W5 January 2019
Pemerintah Amerika kembali dibuka pada tanggal 25 Januari 2019 setelah mengalami masa penutupan (government shutdown) terlama sepanjang sejarah selama 35 hari dampak tidak tercapainya kesepakatan mengenai rencana pembangunan tembok perbatasan Meksiko sebesar USD 5.70 milyar. Namun pembukaan Pemerintahan hanya berlangsung sementara sampai dengan tanggal 15 Februari 2019 yang apabila tidak tercapai kesepakatan dengan kongres terkait pembangunan tembok perbatasan ada kemungkinan akan kembali ditutup setelah tanggal tersebut.

Read more