Investor Information

Weekly Market Update

Weekly Perspective - W1 October 2019
Perdana Menteri Inggris (PM) Boris Johnson mengusulkan rancangan terakhir proposal Brexit (Inggris keluar dari Uni Eropa) dan menyatakan jika Uni Eropa (UE) tidak menyetujuinya maka Inggris akan tetap keluar dari UE tanpa kesepakatan. Beberapa isi proposal terbaru Brexit yang diajukan Johnson antara lain mengatur masa peralihan kebijakan perbatasan selama empat tahun setelah keluar dari UE serta mengatur tentang kesepakatan bea cukai dengan Irlandia. Masalah perbatasan dengan Irlandia selama ini menjadi problem yang sulit dipecahkan dalam perundingan Brexit dengan UE. Perjanjian ini mengatur agar perbatasan Irlandia Utara yang dikuasai Inggris dan Republik Irlandia tetap terbuka setelah Brexit agar menekan potensi gejolak politik di Irlandia Utara. Sebelum usul tersebut disampaikan kepada UE, Johnson harus mendapatkan persetujuan dari parlemen hingga 11 Oktober mendatang. Jika disepakati, maka draf itu bisa disampaikan pada pertemuan UE di Belgia pada 17 - 18 Oktober 2019 mendatang. UE menetapkan tenggat bagi Inggris hingga 31 Oktober 2019 untuk memutuskan soal Brexit

Read more
Weekly Perspective - W4 September 2019
Bank Sentral Amerika Serikat The Fed pada hari Rabu tanggal 18 September 2019 kembali mnelakukan pemotongan Fed Fund Rate sebesar 25 bps menjadi 2.00% dari level sebelumnya di 2.25%. Ini merupakan langkah pemangkasan yang kedua kalinya sejak Juli 2019. Pelonggaran kebijakan kembali dilakukan karena kekhawatiran tentang potensi perlambatan global kian meningkat. The Fed Chairman Jerome Powell mengatakan akan kembali melakukan pemotongan suku bunga tahun ini jika ekonomi melemah lebih lanjut. The Fed memproyeksikan ekonomi tetap kuat kedepannya dan inflasi tetap dijaga dengan target 2.00%. Di tahun 2019 ini The Fed memiliki jadwal dua FOMC Meeting di bulan November dan Desember 2019. Konsensus ekonomi memprediksi akan ada penurunan suku bunga satu kali lagi kedepannya di Desember 2019.

Read more
Weekly Perspective - W3 September 2019
Bank Sentral Eropa (ECB) mengumumkan memangkas suku bunga simpanan utamanya sebesar 10 basis poin menjadi -0,50% serta memproyeksikan suku bunga untuk tetap pada tingkat saat ini atau lebih rendah sampai prospek inflasi berada di tingkat yang cukup dekat tetapi di bawah 2.00 % sesuai dengan proyeksi. Selain itu ECB juga masih akan melakukan program pembelian obligasi setiap bulan dengan nilai sebesar Euro 15-20 milyar sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan serta berbagai macam stimulus lainnya yang bertujuan untuk merangsang ekonomi zona euro yang sedang lemah serta inflasi yang terus-menerus rendah dan perang dagang antara Amerika Serikat (AS)-China yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi global menurun.

Read more
Weekly Perspective - W2 September 2019
Pemerintahan Inggris dibawah pimpinan Perdana Menteri (PM) Boris Johnson kalah dalam pemungutan suara di parlemen terkait usulan pengunduran diri negara itu dari Uni Eropa (Brexit) tanpa kesepakatan. Dalam voting yang digelar Kamis 5 September 2019 anggota parlemen yang menolak usulan Brexit mencapai 328 orang, sedangkan yang setuju sebanyak 301 orang. Selanjutnya Johnson mengusulkan untuk mengadakan pemilihan umum sela tanggal 17-18 Oktober 2019 dengan harapan kesepakatan terkait dengan Brexit dapat tercapai. Apabila sampai dengan tanggal 31 Oktober 2019 tidak tercapai kesepakatan dengan Uni Eropa, maka Inggris akan meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan. Brexit tanpa kesepakatan akan menyebabkan terjadinya eksodus perusahaan multinasional keluar negeri sehingga akan membuat perekonomian Inggris mengalami penurunan yang signifikan.

Read more