Investor Information

Weekly Market Update

Weekly Perspective - W4 May 2020
Indonesia bersiap menghadapi new normal pada kondisi pandemi COVID-19. Dengan adanya new normal, diharapkan dapat menggerakan kembali kegiatan perekonomian yang hanya tumbuh sebesar 2.97% di Q1 2020. Salah satu sektor yang akan dibuka adalah perdagangan, namun tetap dengan mencegah kerumunan pengunjung dan membatasi akses masuk toko hingga maksimum 50% dari total kapasitas pengunjung. Rencananya pusat perbelanjaan akan kembali dibuka pada tanggal 5 Juni 2020.

Read more
Weekly Perspective - W3 May 2020
Jerome Powell mengatakan bahwa pemulihan ekonomi Amerika akan berlangsung hingga akhir tahun 2021 tergantung dengan kesediaan vaksin. Dampak dari COVID-19 di Amerika yaitu lebih dari 36 juta orang telah kehilangan pekerjaan sejak Februari 2020 karena lockdown untuk membatasi penyebaran virus serta bisnis UMKM sebagian besar mengalami kebangkrutan. Saat ini langkah yang dilakukan oleh The Fed untuk menyelamatkan ekonomi diantaranya memangkas suku bunga Fed Fund Rate mendekati 0%, membanjiri pasar keuangan dengan triliunan dollar likuiditas dan meluncurkan sembilan fasilitas pinjaman darurat agar kredit tetap mengalir sehingga perekonomian tetap berjalan.

Read more
Weekly Perspective – W2 May 2020
Badan Pusat Statistik Amerika Serikat melaporkan data non-farm payroll bulan April 2020 mencapai minus 20.50 juta, yang artinya warga Amerika Serikat sebanyak angka tersebut kehilangan pekerjaannya. Angka ini merupakan yang terbesar sejak era Great Depression tahun 1930-an silam, setelah pandemi virus Corona membuat ekonomi AS terhenti. Sebelumnya di bulan Februari 2020, jumlah pengangguran hanya mencapai 3.50% yang merupakan unemployment level terendah dalam lima dekade terakhir, namun hanya dalam tempo dua bulan di April 2020 meningkat hampir 5x lipat ke level 14.70%. Penurunan pada bulan April, menyusul penurunan angka payroll bulan Maret sebesar 870.000, menghapus hampir seluruh lapangan kerja yang dibuka dalam ekspansi ekonomi satu dekade terakhir dan menjelaskan sulitnya lapangan kerja bagi sebagian besar orang Amerika.

Read more
Weekly Perspective – W1 May 2020
Aktivitas manufaktur Indonesia mencatatkan kinerja terlemah sepanjang sejarah yang diakibatkan oleh pandemic COVID-19 yang membuat produksi dan permintaan sama-sama lesu. HIS Markit melaporkan Indeks Purchasing Managers (PMI) manufaktur Indonesia berada di angka 27.50, jauh menurun dibandingkan bulan Maret 2020 lalu yaitu 43,5 dan menjadi yang terendah sepanjang pencatatan PMI yang dimulai sejak April 2011. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di Indonesia membuat produksi manufaktur anjlok karena pabrik-pabrik tutup sementara. Akibatnya, output manufaktur berada di titik terlemah sepanjang sejarah pencatatan PMI.

Read more