Mengenali Profil Risiko Dalam Berinvestasi

Mengenali Profil Risiko Dalam Berinvestasi


Dalam memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan investasi, ada satu faktor tambahan yang harus diperhatikan oleh investor, yaitu profil risiko.
 
Secara umum, profil risiko mengindikasikan toleransi Anda terhadap risiko yang mungkin terjadi pada portofolio investasi Anda. Semakin tinggi toleransi risiko Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan produk – produk Reksa Dana yang memiliki tingkat risiko yang relatif tinggi juga, seperti Reksa Dana Saham dan/atau Reksa Dana Campuran. Sebaliknya, semakin rendah toleransi risiko Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan berinvestasi pada Reksa Dana Pendapatan Tetap dan/atau Reksa Dana Pasar Uang yang memiliki tingkat risiko lebih rendah dibandingkan dengan Reksa Dana Saham dan Campuran.
 
Dengan mengetahui profil risiko Anda secara jelas, Anda dapat menghindari potensi – potensi risiko yang biasanya dihadapi oleh investor awam, misalnya: memilih produk investasi yang tidak sesuai dengan tujuan investasi, dan/atau melakukan realisasi kerugian secara panik ketika pasar sedang mengalami koreksi.
 
Terdapat 3 (tiga) kategori investor berdasarkan profil risikonya: 1. Konservatif: Anda tidak suka mengambil risiko dan selalu ingin melindungi nilai pokok investasi Anda. 2. Menengah: Anda berani mengambil risiko dan selalu ingin melindungi nilai pokok investasi yang berimbang. 3. Agresif: Anda berani mengambil risiko lebih tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi.
 
Perlu diingat, profil risiko merupakan suatu hal yang bersifat dinamis. Secara umum, di usia yang lebih muda, investor biasanya memiliki toleransi risiko yang lebih tinggi. Sebaliknya, semakin senja usia seorang investor ,maka toleransi terhadap risikonya cenderung menurun. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan juga bahwa investor dapat mengalami peningkatan toleransi risiko walaupun usia bertambah, misalnya karena bertambahnya jumlah aset likuid yang dapat diinvestasikan. Oleh karena itu, selalu lakukan pembaruan profil risiko Anda setiap tahun agar pilihan produk investasi Anda dapat mengikuti pergerakan profil risiko Anda.
 
Untuk dapat mengukur profil risiko Anda, silahkan mengunjungi www.majoris-asset.com. Di dalam website tersebut, terdapat bagian khusus yaitu Investor Information > Know Your Profile, atau Informasi Investor > Ketahui Profil Anda, yang dapat Anda pergunakan untuk mengukur profil risiko Anda. Ingat, hasil yang ditampilkan tidak bersifat mutlak. Anda dapat membandingkan hasil tersebut dengan pemikiran pribadi Anda mengenai profil risiko Anda sendiri.
 
Akhir kata, jangan menganggap remeh pengenalan profil risiko pribadi Anda, agar pilihan produk investasi Anda dapat disesuaikan dengan tujuan investasi Anda dalam jangka panjang dan kesalahan – kesalahan yang biasanya dilakukan oleh investor awam dapat Anda hindari.
 


Happy Investing with Majoris Asset Management!

DISCLAIMER INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RESIKO. CALON PEMODAL WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN KINERJA MASA DEPAN. PT Majoris Asset Management (“Majoris”) telah memperoleh izin usaha sebagai Manajer Investasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dalam melakukan kegiatannya diawasi oleh OJK. Dokumen ini dibuat oleh Majoris hanya sebagai informasi singkat dan disesuaikan dengan ketentuan Peraturan yang berlaku. Segala perhatian telah diberikan secara seksama untuk menyakinkan bahwa informasi yang disajikan dalam dokumen ini tidak menyesatkan. Namun demikian, Calon Pemodal tidak disarankan untuk hanya mengandalkan keterangan dalam dokumen ini. Kerugian yang mungkin timbul karenanya tidak akan ditanggung.






Download PDF


Back to list